Cara Mengatasi Kenari Yang Gemuk




Menghilangkan Lemak Pada Perut Kenari - Sama halnya dengan manusia, burung kenari yang gemuk juga mnyebabkan beberapa masalah. Kenari yang gemuk akan malas untuk berkicau dan kurang birahi. Burung kenari yang gemuk dapat kita lihat dari ciri pada bagian bawah atau sekitar perut biasanya terdapat lemak yang menguning atau atau sering disebut dengan “nggajih”.  Untuk itu perlu perawatan yang baik agar burung kenari kita terhindar dari masalah kegemukan. Pemberian makan yang secukupnya dan proses penjemuran yang teratur.



Jika kenari sudah terlanjur gemuk maka lakukan perawatan khusus agar cepat kembali berkicau serta berproduksi lagi bagi yang untuk penangkaran. Karena biasanya tembean (kenari betina yang belum pernah bertelur), tidak akan mau dikawini oleh pejantan bila kondisinya gemuk. Untuk cara mengetahui umur kenari baca artikel ini. Berikut beberapa cara mengatasi kenari yang gemuk.

  • Atur makanan kenari. Anda dapat memberikan kenari sayuran dan buah seperti apel, mentimun atau dapat juga dengan memberikan gambas. Sedangkan untuk biji-bijian untuk sementara hanya sedikit saja misalnya satu sendok teh dalam sehari. Hindari pemberian telur atau makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein terlebih dulu. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa kenari mengalami program diet teratur.
  • Tambah waktu proses penjemuran. Lakukan proses penjemuran yang lebih lama dari pada biasanya. Misalnya jemur selama 3 jam atau lebih. Ketika proses menjemur hendaknya perlu diperhatikan agar jangan sampai kenari mati kepanasan. Penjemuran memiliki manfaat bagi burung kicauan. Apa saja manfaatnya silahkan baca pada artikel ini..

  • Pindah kenari yang gemuk ke dalam sangkar yang lebih luas. Dalam hal ini dimaksutkan agar kenari lebih banyak beraktifitas atau bergerak. Usahakan agar kenari lebih banyak bergerak misalnya dengan mengganggunya agar terbang kesana-kemari

  • Jika anda melakukan treatmen ini secara teratur maka timbunan lemak akan menyusut sekitar 1-2 minggu. Terima kasih semoga bermanfaat..
(Trik Dari Bang Ali Kenari)

Ditulis Oleh : Arena Terbaru // 23.41
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.