Penyebab Kenari Betina Botak




Kebotakan pada Burung Kenari - Burung Kenari kini semakin populer di masyarakat kita. Entah itu dipelihara untuk didengar kicauannya ataupun juga untuk bisnis. Kita mungkin sering melihat burung kenari yang mengalami kerontokan buli yang sangat parah. Biasanya hal ini sering terjadi pada kenari yang berjenis kelamin betina dewasa atau babon.

Penyebab burung kenari mengalami kebotakan antara lain bisa disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya adalah karena bakteri, faktor usia dan juga karena kekurangan nutrisi, yaitu yodium dan protein.

Memang kebutuhan mineral pada burung adalah sangat kecil sekali. Oleh karena itu tak jarang para pemilik burung sering kali lupa akan kebutuhan mineral ini.

Mineral yodium adalah adalah salah satu yang sangat mempengaruhi fungsi kelenjar tiroid dalam tubuh burung. Sehingga burung yang mengalami kekurangan mineral ini akan mengalami kesulitan dalam proses untuk pertumbuhan bulu-bulunya.

Perlu diketahui juga bahwa burung yang kekurangan mineral yodium juga bisa menyebabkan beberapa gangguan penyakit lain seperti kesulitan bernafas dan gangguan pada kesuburan burung.  Sehingga kekurangan mineral ini bisa menyebabkan burung tidak subur.

Selain yodium, penyebab burung mengalami kebotakan adalah karena kurangnya asupan protein. Pada burung kenari yang sangat produktif dan yang tidak diimbangi dengan asupan protein yang baik maka seringkali juga mengalami masalah kebotakan. Namun hal ini tidak akan terjadi jika kita selalu memperhatikan nutrisi pada makanan burung.

Untuk cara mengatasinya silahkan lanjutkan membaca artikel berikut..

Ditulis Oleh : Arena Terbaru // 11.10
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.