Manfaat Menjemur Burung




Fungsi Penjemuran Burung - Agar burung kesayangan kita tetap dalam kondisi yang sehat maka haruslah dirawat dengan baik. Misalnya dengan rutin membersihkan sangkar, memberikan makanan yang bernutrisi, memandikan burung dan juga tidak lupa menjemur burung di pagi hari. Meski terlihat sepele ternyata penjemuran burung juga memiliki manfaat yang besar. Hal ini dapat kita lihat dalam tingkah laku burung di alam bebas yang selalu berjemur di sinar matahari pagi sebelum berangkat mencari makanan. Biasanya burung akan berjemur dengan melantunkan lagu andalannya sambil bersahut-sahutan dengan burung lain. Berikut beberapa manfaat penjemuran burung kicauan anda



  • Dapat meningkatkan birahi burung.
  • Dapat membakar lemak burung agar terhindar dari kegemukan.
  • Dapat menghangatkan tubuh burung.
  • Dapat membunuh bakteri dan jamur yang ada pada burung.
  • Mengurangi kutu yang ada pada bulu burung.
  • Dapat memperpanjang nafas burung sehingga volume suara semakin meningkat.

Demikian beberapa manfaat penjemuran burung di pagi hari. Dalam penjemuran burung hendaknya dilakukan pada sinar matahari pagi yaitu antara saat matahari terbit hingga pukul 09.00. Selain itu usahakan jangan sampai terlalu lama dalam menjemur, karena hal ini dapat mengakibatkan katarak, menghambat pertumbuhan bulu dan dapat membuat suara burung menjadi serak.

Dalam beberpa jenis burung memang memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada sebagian burung yang tidak begitu suka dengan terik matahari yang lama seperti burung cucak hijau, jenis kolibri dan lainnya. Namun ada juga burung yang tahan terhadap terik matahari seperti burung pentet, pleci, perkutut, dll. Yang perlu diperhatikan adalah tergantung dari jenis dan kondisi burung.

Ditulis Oleh : Alan Kevi // 07.05
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.