Ciri Pentet Jantan dan Betina




Membedakan Jenis Kelamin Burung Pentet | Anakan | Trorol - Burung Pentet adalah burung predator yang pintarmenirukan suara burung lain. Namun kemampuan tersebut hanya dimiliki oleh pentet pejantan. Sedangkan pentet betina tidak bisa berkicau atau menirukan kicauan burung lain seperti pada pejantan. Jika anda ingin memelihara burung pentet, maka pilih burung berjenis kelamin jantan.

Cara membedakan jenis kelamin burung pentet bisa dilakukan dengan mengamati keadaan fisiknya. Berikut ciri-cirinya :

Pentet Dewasa
Pada bagian kepala pejantan, terdapat warna hitam pekat khususnya di bagian atas hingga samping kepala. Sedangkan pada betina, hanya memiliki warna hitam keabu-abuan di bagian kepala. Dilihat dari bentuk kepalanya, cendet betina biasanya mempunyai kepala agak menggelembung. Sementara itu, jantannya memiliki bentuk kepala yang agak ceper mendatar. Untuk lebih jelas, lihat pada gambar di bawah.


Pentet Anakan atau Trotolan
Untuk membedakan jenis kelamin pentet yang masih anakan atau trorol, bisa dilihat dari warna hitam pada alis mata. Jika warna hitamnya tebal maka adalah pejantan, dan bila warna hitanya hitam kusam maka betina. Pada anakan jantan biasanya memiliki bintik hitam di kepala bagian atas. sedangkan bentuk kepala pentet jantan tampak rata atau cepak sedangkan betina agak cembung atau membentuk bukit.

Ditulis Oleh : Suara Terbaru // 07.14
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.