Cara Mengatasi Burung Mencret




Penyakit Mencret atau Berak Kapur Pada Burung Kicauan - Selalu jagalah kebersihan sangkar burung kesayangan kita. Jangan sampai gara-gara malas membersihkan kotoran, burung kesayangan kita terjangkit penyakit diare atau mencret. Berawal dari pertanyaan sahabat kita yang tidak perlu saya sebut namanya, yang mengeluh kacer kesayangannya mencret, saya tertarik untuk membahas tentang cara mengobati burung mencret pada burung kacer, murai batu, anis merah, kenari dan burung kicauan  lain. Semoga tulisan ini bermanfaat, Amiiinnn...



Penyebab
Seperti halnya manusia, ternyata burungpun juga bisa mengalami diare atau mencret. Penyebabnya bisa terjadi karena kurang terjaga kebersihan sangkar, terutama membersihkan kotoran burung, mangkok minum dan makanan burung. Selain itu Kondisi lingkungan juga dapat mempengaruhi kesehatan burung. Untuk itu selalu berhati-hati ketika cuaca sedang tidak bersahabat seperti mendung dan hujan.

Cara Mengobati
Ketika burung kesayangan kita sudah terlanjur mencret maka apa boleh buat, kita tentu harus mengobatinya. Untuk mengobatinya, saya memperoleh tips khusus dari Bang Jupri, penjual burung di PB Tulungagung. Menurut dia burung yang sedang mencret sebaiknya kita pisahkan dengan burung lainnya, karena hal ini bisa menular ke burung lain yang masih sehat. Kemudian sambil tetap menjaga kebersihan sangkar dari kotoran burung, hendaknya burung yang mencret tadi dikasih obat atau antibiotik. Di pasar burung banyak tersedia obat dengan berbagai merek yang dapat mengobati penyakit mencret diantaranya adalah Birdblown, Birdy-Cillin Antibiotik dan Vita Tetra Chlor. Agar burung lekas sembuh sebaiknya baca petunjuk pemakaian.

Ditulis Oleh : Arena Terbaru // 06.20
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.