Makanan Untuk Merpati Balap





Pemberian Makanan Pada Merpati Balap - Salah satu hal yang penting dalam merawat burung merpati balap adalah pemberian makanan yang tepat bagi merpati. Karena kualitas makanan tentu akan mempengaruhi kesehatan merpati. Sedangkan kualitas kesehatan tentunya juga akan mempengaruhi kemampuan terbang burung.  Kandungan gizi pada makanan merpati yang harus diperhatikan adalah karbohidrat dan protein.



Sebenarnya mencampur pakan sendiri untuk merpati bisa kita lakukan asal kita tahu tentang keperluan burung dan nilai gizi dari biji-bijian dan semua bahan yang kita pakai. Cara ini bahkan lebih baik, sebab kita dapat membuat campuran yang sesuai dengan keperluan burung. Selain itu yang perlu diperhatikan untuk memilih bijian bagi merpati balap kita, adalah bijian tersebut benar-benar matang pohon dan kering. Penyakit mencret dan penyakit perut lainnya dapat terjadi karena burung memakan bijian yang belum matang. Kita bisa mengetahuinya dengan cara menggigit bijian itu, Biji yang baik akan terasa keras dan bila digigit akan pecah dalam butiran yang keras pula.'

Selain makanan berupa biji-bijian, merpati balap juga memerlukan campuran mineral atau grid agar merpati mampu terbang dengan baik. Keperluan mineral merpati sangat tinggi. Selain sebagai sumber mineral, grit juga membantu burung menghancurkan bijian yang dimakannya, dan ini ditempatkan di empedal yang merupakan bagian terpenting dari merpati. Makanan dihancurkan di empedal dan di tempat inilah grit berfungsi sebagai alat pembantu. Grit juga membantu perkembangan burung merpati muda, dan juga mencegah keluarnya telur lunak pada merpati yang sedang ditangkarkan.

Perbandingan campuran grit terdiri dari:
  • 45% kulit kerang yang dihancurkan dalam ukuran sedang
  • 35% berupa pecahan-pecahan kecil batu gamping/kapur atau batu granit
  • 10% pecahan kecil dari arang kayu (kayu-kayu yang keras)
  • 5% tepung tulang
  • 5% tepung kapur
  • 4% garam
  • 1% apa yang disebut venetian red


Memberikan pakan burung sebaiknya dilakukan dua kali sehari. Jangan sampai kekenyangan dan membuat gemuk, sebab kegemukan akan menyebabkan banyak masalah.

Ditulis Oleh : Alan Kevi // 05.10
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.