Cara Memilih Blackthroat





Burung Blackthroat - Burung yang mempunyai kicauan merdu dengan ciri irama suara tinggi dan panjang serta menyambung atau tidak putus-putus memang layak untuk dijadikan penghuni baru koleksi burung berkicau kita. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih burung ini. Jika anda tertarik pada burung ini, hendaknya pilih yang berjnis kelamin jantan. Karena Blackthroat betina biasanya sangat hanya mencicit dan suara kerasnya cenderung monoton. Sulit mungkin bagi awam mengetahui ciri kelamin jantan dan betina, namun secara fisik tedapat perbedaan untuk menentukan Blackthroat jantan dan betina sebagaimana terdapat pada bagan sebagai berikut :


Ciri Jantan :
  • Postur Tubuh Panjang 
  • Pita di Leher Berwarna hitam pekat 
  • Kepala Besar, agak panjang dan berbentuk lonjong
  • Anus Menonjol keluar ada tonjolan sebesar biji kacang hijau dengan bulu rawis 
  • Paruh Tebal 
  • Suara Nyaring, tidak terputus-putus (ngerol) serta memiliki banyak variasi 
  • Leher Jenjang 


Postur tubuh - Blackthroat yang memiliki tubuh yang tegap dan besar serta lencir (panjang) biasanya memiliki mental yang baik dan suara yang panjang ini juga dapat mencirikan bahwa Blackthroat tersebut tidak mengalami gangguan atau tidak terhambat pertumbuhannya. Dada yang tegap dan bidang menandakan bahwa Blackthroat tersebut bervolume suara nyaring dan keras. Blackthroat yang bersuara keras bukan saja indah didengar namum jika kita turunkan dalam satu pertandingan tentunya akan berani dalam memperdengarkan suaranya di lapangan dan dapat menjatuhkan mental lawannya.

Mata - Sorot mata tajam dapat mencirikan bahwa Blackthroat tersebut bermental baik, dan sehat. Sebaiknya jangan dipilih Blackthroat yang bermata sayu karena dapat mencirikan bahwa mental Blackthroat tersebut lemah atau burung tersebut dalam keadaan kurang sehat. 

Bulu - Blackthroat yang memiliki bulu yang cerah bukan saja menambah keindahan dari burung tersebut namun dapat mencirikan bahwa burung tersebut merupakan burung yang baik dari perawatan maupun mentalnya. Blackthroat memiliki bulu ekor berwarna kuning.

Paruh - Pilih paruh Blackthroat yang panjang, tipis dan seimbang dimana bagian bawah dan atas paruh saat burung tersebut diam harus rapat, ciri tersebut menandakan burung tersebut mempunyai suara yang keras.


Kiriman dari Kang Ade, Tangerang.

Ditulis Oleh : Arena Terbaru // 00.17
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.