Jenis Burung Hantu





Macam-Macam Burung Hantu | Owl - Burung memang bukan termasuk burung berkicau, namun banyak orang kini senang memelihara burung ini. Mungkin karena keunikannya sehingga banyak peminat yang gemar memelihara burung hantu. Burung ini sering dihubungkan dengan sesuatu hal yang berbau gaib, seperti perwujudan dari sosok setan, bahkan sampai dijadikan pertanda kemunculan makhluk halus. Diluar dari mitos tersebut ternyata burung hantu memiliki banyak macam atau jenisnya. Nah berikut beberapa jenis burung hantu yang sering dipelihara :

Scops Owl
Scops Owl - Jenis ini memiliki panjang tubuh sekitar 20-25 cm dan berat sekitar 100 gr. Makanan utamanya yaitu serangga seperti jangkrik, belalang, kecoak dan serangga kecil lainnya. Scops Owl sering disebut juga dengan celepuk. Hidupnya berada di pepohonan dengan ketinggian hingga 1.500 m di atas permukaan laut. Jenis ini sangat cocok dipelihara bagi para pemula karena bentuk tubuhnya yang kecil dan jenis makanannya hanya serangga kecil yang mudah kita dapatkan.


Javan Bay Owl
Javan Bay Owl - Burung hantu jenis ini berukuran sedang (sekitar 27 cm) berwarna cokelat agak merah. Bentuk tubuhnya mirip Tyto alba, dengan ciri piringan wajah berbentuk hati, kadang-kadang jumbai tegak. Tubuh bagian atas berwarna cokelat kemerahan, dengan bintik-bintik berwarna hitam-putih. Sedangkan tubuh bagian bawah kuning tua agak merah muda, dengan bintik hitam. Wajah berwarna merah muda. Makannya Tikus, burung kecil, reptil, amfibi, serangga, dan kadal.


Brown Hawk Owl
Brown Hawk Owl - Burung hantu jenis ini memiliki bulu berwarna brown. Karena burung hantu jenis ini berdarah panas maka jangan kaget jika dia terlihat galak. Makanannya berupa burung kecil, ikan, anak ayam dan binatang unggas lain. Wajahnya hamper seperti burung elang. Memiliki paruh runcing dan kuat. 


Barn Owl
Barn Owl - Burung hantu putih berukuran besar (sekitar 34 c) dengan ciri piringan wajah berwarna putih, melebar berbentuk hati. Tubuh bagian atas kuning tua kecokelatan, pucat dengan bercak-bercak halus. Tubuh bagian bawah putih dengan bintik-bintik hitam halus. Makanannya yaitu Tikus besar dan kecil, kalong, kadang-kadang burung lain, reptil, amfibi, dan serangga besar.


Buffy Fish Owl
Buffy Fish Owl - Burung hantu berukuran besar (sekitar 45 cm), warna cokelat kekuningan dengan jumbai telinga mencolok. Tubuh bagian atas penuh dengan garis-garis/coretan (lurik) berwarna cokelat terang, dengan garis-garis hitam bertepi kuning tua. Tubuh bagian bawah berwarna kuning tua kemerahan dengan lurik hitam yang tebal. Makananya ikan-ikan kecil, kodok, krustasea, mamalia dan reptil kecil.


Spotted Wood Owl
Spotted Wood Owl - Burung hantu berukuran besar (47 cm) dengan ciri warna merah cokelat, berbintik putih tanpa jumbai telinga. Piringan wajah sawo matang.  Tubuh bagian atas berwarna merah kecokelatan, berbintik merah tebal dikelilingi pinggiran hitam. Tubuh bagian bawah berwarna putih dengan lurik cokelat. Garis dagu agak putih. Makanannya mamalia kecil, anakan burung, dan serangga.


Barred Eagle Owl
Barred Eagle Owl - Burung hantu jenis ini berukuran besar yaitu sekitar 45 cm, dengan ciri bergaris banyak, berwarna abu-abu gelap, dengan jumbai telinga mencolok. Tubuh bagian atas berwarna cokelat kehitaman bergaris-garis halus warna kuning tua. Tubuh bagian bawah berwarna abu-abu keputih-putihan dan banyak bergaris hitam. Makanannya tikus besar dan kecil, ikan-ikan kecil, ular, dan burung-burung kecil.

Ditulis Oleh : Suara Terbaru // 07.32
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.