Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Stres




Mengatasi Kenari Stres - Ada beberapa sahabat arena Burung yang mengirim pesan kalau kenari kesayangannya jarang berkicau. Nah dari situ kami lantas bertanya dari beberapa peternak kenari mengenai penyebab dan cara mengatasi kenari stres atau macet. Beberapa peternak yang kami tanyai menjawab dengan serius dan ada juga yang menjawab dengan kata-kata banyolan, “gak ngoceh ya dilego aja boss”. Hehehe..  Nah kali ini Arena Burung ingin sedikit merangkum hasil tanya jawab dari peternak kenari mengenai Penyebab dan cara Mengatasi Kenari Stres.



Penyebab Kenari Stres

Untuk mempermudah mengetahui kenari stres maka maka kami bagi dalam 2 faktor yaitu ekstern dan Intern.

Faktor Ekstern :
  • Sering berdekatan dengan predator burung seperti kucing, anjing dan hewan lain yang bisa mengganggu kenyamanan burung.
  • Lingkungan Yang kurang kondusif seperti tempat yang terlalu bising, banyak kendaraan yang sering berlalu lalang, dll.

Faktor Intern :
  • Jika kenari tiba-tiba berhenti berkicau maka periksa dahulu jenis kelamin burung, apakah burung benar-benar pejantan. Perlu diketahui bahwa ada sebagian kenari betina yang mampu berkicau namun lagunya tidak sepanjang pejantan dan biasanya akan berhenti berbunyi jika memasuki masa bertelur.
  • Kenari macet berbunyi bisa juga disebabkan karena burung memasuki masa rontok atau mabung. Seperti pada burung lain kenari juga mengalami masa mabung atau molting. Biasanya burung yang sedang rontok bulunya akan jarang berkicau untuk beberapa bulan sampai bulu tumbuh sempurna.
  • Penyebab lain kenari stres mungkin disebabkan karena burung dalam keadaan yang tidak sehat seperti pilek atau mungkin kenari sedang sesak. Periksa keadaan dan tingkah laku burung.
  • Burung terlalu kurus dan bahkan terlalu gemuk. Burung yang terlalu kurus atau terlalu gemuk bisa menyebabkan kenari jarang berkicau.

Mengatasi Kenari Stres
  • Jika di rumah anda memelihara hewan seperti kucing, anjing atau binatang peliharaan lain yang bisa menimbulkan ketakutan pada burung kenari, maka usahakan menempatkan burung pada tempat yang berjauhan sehingga kenari tidak sering melihatnya.
  • Selalu tempatkan burung di tempat yang bisa membuat kenari terasa nyaman sehingga burung kenari tidak mudah stres dan mau berkicau dengan riang.
  • Pastikan untuk memeriksa jenis kelamin burung dengan teliti sebelum membelinya agar anda tidak tertipu. Baca Cara mengetahui jenis kelamin kenari.
  • Berilah nutrisi yang cukup ketika kenari memasuki masa molting atau mabung agar kebutuhan nutrisi burung terpenuhi dengan baik. Misalnya dengan memberikan sayuran, buah dan suplemen dengan secukupnya.
  • Bersihkan kandang secara teratur setiap hari agar burung kenari tetap terjaga kesehatannya.
  • Usahakan kenari agar tetap dalam keadaan ideal. Jangan sampai terlalu gemuk atau bahkan terlalu kurus.
  • Bisa juga dipancing dengan mendekatkan burung kenari betina. Namun ada juga yang memancing dengan mendekatkan burung kenari jantan yang berkicau agar jiwa tarungnya terpacu. Hal ini tergantung dari karakter burung kenari anda.
Semoga tulisan ini sedikit bisa memberikan informasi yang berguna bagi anda.
Arena Burung

Ditulis Oleh : Arena Terbaru // 07.07
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.