Burung Sitrun





Burung Selendang Biru | Burung Sikatan Biru | Burung Sikatan Aceh - Burung yang memiliki warna bulu mencolok biru ini memang tidak banyak yang meminati. Dahulu burung ini banyak dijual dipasar burung tradisional. Namun karena jumlah di alam yang semakin berkurang akibat kerusakan habitatnya ini sekarang sangat sulit dicari. Berikut beberapa informasi tentang Burung Selendang Biru | Burung Sikatan Biru | Burung Sikatan Aceh.

Ciri Fisik
Ukuran fisik burung ini memang termasuk dalam kategori sedang. Yaitu panjang tubuh sekitar 17 cm. Bulu didominasi dengan warna biru pada kepala leher dan punggung. Memiliki paruh yang tidak begitu panjang.

Makanan
Burung Sitrun termasuk burung pemakan serangga. Biasanya burung ini menyukai ulat, kroto, jangkrik kecil dan serangga kecil lainnya.

Ciri Jantan dan Betina
Jantan: memiliki warna biru pada bagian kepala, tenggorokan, dan dada. Pada bagian tunggir dan penutup ekor atas biru berkilap.
Betina: tubuh bagian atas coklat-merah bata, tunggir dan ekor merah bata, dada merah karat menjadi keputih-putihan pada perut.

Daerah Penyebaran
Burung ini biasanya tinggal di hutan dataran rendah. Burung ini banyak dijumpai di negara Indonesia, Bangladesh, Bhutan, Brunei, Cambodia, China, Hong Kong, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Thailand, dan Vietnam.

Ditulis Oleh : Alan Kevi // 00.10
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.