Mengobati Kerak Pada Kaki Burung




Postingan ini adalah jawaban dari salah satu pengunjng Arena Burung yang mengeluh kaki burung kacer miliknya berkerak kayak robot.  Hehehe... Ada yang mengatakan kerak pada kaki burung dengan istilah bubulan dan jamuran. Apapun istilah yang dipakai tentu penyakit ini sangat mengganggu kondisi burung. Burung akan lebih jarang berkicau. Ada beberapa penyebab kerak pada kaki burung. Diantaranya yaitu karena tungau kecil (Knemidokoptes pilae), virus dan bahkan gigitan nyamuk. Berikut beberapa mengobati dan mencegahnya :


Pengobatan
Jika kerak pada kaki belum begitu parah maka cukup oleskan minyak tawon secara rutin tiap hari hingga pulih. Namun juka kerak kaki sangat tebal maka potonglah kerak pada kaki burung dengan menggunakan silet atau gunting kecil. Lakukan secara hati-hati jangan sampai melukai kaki burung. Mungkin hal ini akan menyebabkan pendarahan pada kaki burung. Untuk menghindari infeksi maka setelah selesai berilah betadine. Setelah luka pada kaki akibat pemotongan tersebut sembuh dalam beberapa hari maka berilah minyak tawon atau salep 88, pagoda atau salep lain.



Pencegahan
  • Selalu jagalah kebersihan pada sangkar burung dengan membersihkan kotoran burung secara rutin setiap hari.
  • Gunakan dahan yang kasar untuk dijadikan tangkringan burung. Bisa menggunakan dahan dari pohon asam (asem dalam jawa). Pilihlah ukuran tangkringan yang sesuai dengan kaki burung, jangan terlalu besar atau terlalu kecil.
  • Tutuplah sangkar burung tiap malam hari dengan kerodong agar burung tidak digigit nyamuk.

Ditulis Oleh : Suara Terbaru // 08.22
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.